Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017 yang dirilis oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) ini penting untuk dijadikan pedoman dan kelengkapan bagi sekolah yang akan melaksanakan kegiatan Akreditasi sekolah tahun 2017. Dalam panduan perangkat dan instrumen Akreditasi SD/MI tahun 2017 secara substansi menilai 8 standar nasional pendidikan. Namun, dalam jumlah butir yang diakreditasi banyak yang berkurang.
Sesuai dengan Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017, sekolah/Madrasah dinyatakan terakreditasi, apabila; (1.) Memperoleh Nilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 71, (2.) Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61, dan (3.) Tidak ada Nilai Komponen Standar di bawah 50. Sekolah/Madrasah dinyatakan tidak terakreditasi jika sekolah/madrasah tidak memenuhi kriteria tersebut.
Baca juga: Bukan Hanya Label, Ini Guna Hasil Akreditasi Sekolah
Untuk mendapatkan nilai akreditasi sekolah yang baik tentu saja modal utamanya adalah kelengkapan perangkat akreditasi. Ini bisa dilihat dari hasil pertanyaan 8 Standar Instrumen yang diisi juga bukti fisik. Oleh karena itu, kesemuannya itu haruslah dipersiapkan dari sekarang. Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017 ini berisi Instrumen Akreditasi yang meliputi 8 komponen standar nasional pendidikan, yaitu:
1. Komponen standar isi nomor 1—10;
2. Komponen standar proses nomor 11—31;
3. Komponen standar kompetensi lulusan nomor 32—38;
4. Komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 39—54;
5. Komponen standar sarana dan prasarana nomor 55—75;
6. Komponen standar pengelolaan nomor 76—90;
7. Komponen standar pembiayaan nomor 91—106; dan
8. Komponen standar penilaian nomor 107—119.
Perangkat Akreditasi untuk SD/MI Tahun 2017 dalam bentuk file berformat PDF yang bersumber dari Badan Akreditasi Nasional (BAN/SM) dapat didownload di tautan berikut ini.
Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017
Tips dan trik yang paling bagus dan banyak digunakan sekolah dalam menghadapi akrediatasi adalah dengan membentuk TIM Akreditasi Sekolah yang diberi tugas pokok dan fungsi masing-masing setiap standar instrumen akreditasi di atas. Dengan pembagian guru menjadi beberapa kelompok membuat pekerjaan mempersiapkan administrasi dalam kelengkapan perangkat akreditasi sekolah akan lebih mudah dan cepat.
0 komentar:
Posting Komentar